Monday, March 5, 2012

Tentang Sebuah Nama

Siapa Lo?

Hahhh… g kenal sama gue, g gaol deh lohh….. kenalin…ckckck
KeeeNAaaLLiiiinnnnnn…………!?!!

Nama gue Hendra Saputra, putra asli kelahiran Jakarta. Walaupun cuma numpang brojol doang sih disono. He.. . :)

gue anak nomor dua Dari empat bersaudara dan merupakan satu-satunya yang lahir di RS, maksudnya Rumah Sakit loh bukan Rumah p-Sikiater. Dan only me yang lahir di Jakarta lohh, kalo dikeluarga gue. Karena sodara-sodara gue lahir di Pemalang semua. Serta dilahirkan dirumah g di RS kayak gue!?

My brother n sister jangan ngiri yaaaaaaaaaaaaa…… :D

Gue lahir tanggal 2 September 1992 di RS Cipto Mangunkusumo Jaksel. Waktu gue lahir suasana dini hari itu terasa sejuk dan tenang sekali g ada yang namanya kegaduhan (ya iyalah, pagi-pagi buta Jakarta masih lenggang).
Jakarta dan Bayi
Siapa bilang ni Gue pas bayi???!! Tapi lmyan mirip siihhh... haha..


Arti nama Lo?

Weezzz…. Ndak tau lo arti nama gue? artinya tu bagus buangeeeeeeeeeettt tauuuuu. ckckckck… Coba cek aja di alfalink…/

Hen itu maknanya Ayam Betina and Dra-nya cari aja di alfalink. Gue g mau ngehina diri gue ndiri, soalnya masa alfalink ngartiin nama gue kandang ayam? Eitszz… keceplossannn….
Jadi malu…. ckckckck……..

Haahhh Kandang ayaaammm?//&*()-+

Tapi NGGAK!! Gue nolak berat kalo gue dikatain kandang ayam adalah arti nama gue. Makanya gue dendam banget tuh ma yang namanya alfalink. Maka dari ntu, dikeluarga gue belum beli yang namanya barang gituan. Belum?

Padahal Mamah ma Papah kan mberiin nama keanaknya itu g sembarangan. Nama ntu merupakan sebuah harapan implisit dan doa laten mereka para orang tua buat anak-anaknya.

Makanya gue pun meminta pertanggungjawaban mereka atas nama yang diberikan ke gue. And….ternyata ada conspiracy diantara ortu ku ketika memberikan nama keanaknya. Ortu gue make a promise kalo misalnya yang lahir cowok maka nama depannya mengikuti nama Ibu yang punya nama berhuruf depan H, yaitu Herlin. But, jika yang lahir cewek maka make nama depan Bapak yang punya huruf depan…. ? Apa yaaaaa……… Soalnya nama Bapak ku udah kayak ketua Mafia (ganti-ganti)…. Hehe…….. jangan bilang2 ya…. .


Setelah melakukan investigasi mendalam dan lebih lanjut, Bapak ku ternyata punya nama asli Dasiman. Nah, tapi waktu mau menikah dengan Ibu. Bapak disuruh ganti nama (kata Ibu sih disuruh ma orang Gombong ) akhirnya Uwa ku pun memberikan nama Imam Santoso.

Dan Bapak ku yang seorang operator sebuah kantor rekaman pembuat kaset di Jakarta itupun terkenal dengan nama Siman GB-nya (GB bukan Giga Byte ya tapi GomBong).

Nah dari ke empat bersaudara yaitu Heru Andriawan, Hendra Saputra, Henry Setiaji, ternyata adik ku yang terakhir terlahir adalah cewek. Yang diberi nama Elda Alifa Monalia, bagus yah.. Elda itu bukan diambilakan dari nama depan Bapak loh, melainkan diambil dari perpaduan nama mereka berdua. Mamahku kan terkadang dipanggil Elin ma orang-orang, soalnya mamah kayak orang China. Ya emang ada keturunan Chinese-nya sih dari Kakek.

            Elda= El untuk Elin dan Da untuk Dasiman

Sedangkan Alifa itu diambil dari huruf pertama hijaiyah Alif: karena adik tersayang ku itu merupakan anak perempuan pertama dikeluarga kami.
Sedangkan Monalia-nya itu nama pemberian dari seorang penyanyi terkenal yang gue lupa namanya…. Itu kata Bapak ku lohhh….

*Back to my name

Jadi arti nama Loe Apa?
Sabar,sabarrr……. Plakk!
Kalo arti nama Hendra itu emang hasil dari konspirasi Bapak ma Ibu. H sebagai runtutan nama depan nama Ibu dan Kakak ku. Tapi kalo Saputra kata ibu sih Pria. Diambil dari kata Putra-nya. Iya kan?

Setuju kan?

Kalo g setuju bilang aja ma ortu gue…. Hehe…..

Kalo kata Ajam: "SipSek kannn???"
Lebih lanjut, sebenarnya nama Hendra Saputra itu kata Bapak ku terinspirasi dari nama seorang pengusaha sukses yang ada di Bandung. Makanya Bapak menamakan aku dengan nama tersebut. Padahal kan waktu itu kata Saputra mau diganti dengan Septian atas usulan tetangga ku di Jakarta. Tapi ditolak oleh Bapak… :)
Maka jadilah nama ku Hendra Saputra.


"Jadi pengusaha sampe bisa terbang"


Tapi dibalik semua itu ternyata ada hal yang sangat mengerikan. Ternyata nenek ku pengen ngasih nama gue Tarwage. Hahhhh… Apa?

TARWAGE??????!!

Nama  itu kata simbah punya nilai historisnya karena diambil dari hari lahir ku. Sebab gue kan lahir hari Rabu Wage kalo dipenanggalan Jawa loh ya.

Tapi untung aja orang tua ku nggak menerima permintaan simbah itu. Sabar ya Nek,, permintaannya belum di approve. :D


Mengingat kata nama, jadi ingat kata-kata William Shakespeare, sastrawan abad pertengahan itu pernah bilang “Apalah arti sebuah nama”. Bagi ku nama adalah sesuatu yang penting karena di dalamnya juga terdapat doa-doa para orang tua untuk anaknya. Kalo namanya bagus kan si anak juga akan senang dan bangga.

Cukup sekian dulu ya…. Entar disambung lagi jangan lupa ninggalin komen-nya.

Thanks.

Hal selanjutnya semoga akan lebih g karuan yaitu tentang Aku (sewaktu bayi) yang katanya ketuker pas di Rumah Sakit’???, Sampai hal mengenai “nyasar di Kota Grombyang!???”

Salam Sang Pemimpi!!


No comments: