Saturday, March 3, 2012

Mau Melabuh Kemana kah Setelah Kuliah? {Kematangan Kepribadian}



            Hasil pembelajaran di perguruan tinggi bersifat kognitif, yang biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Dalam hal ini, biasanya lebih dikenal dengan nama Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPK ini pulalah yang sering dijadikan ukuran kesuksesan seorang mahasiswa setelah keluar dari bangku perkuliahan.
Banyak pandangan menganggap bahwa mahasiswa dengan IPK tinggi pasti mahasiswa yang pintar dan akan sukses dalam dunia pekerjaan. Pendapat itu dilihat bila dibandingkan dengan mahasiswa yang ber-IPK masih di bawahnya. Padahal hal itu tentu saja tidak sepenuhnya menjamin demikian. Melihat, banyak cerita orang-orang yang sukses bukan karena prestasi akademiknya, melainkan personality-nya yang membuatnya sukses.
Dengan kepribadian yang matang dan mudah bersosialisasi. Seseorang itu pasti akan berpeluang lebih sukses dari pada mahasiswa yang ber-IPK tinggi, tapi minus dalam kepribadian dan kecakapan sosialnya. Dari kesiapan kepribadian itu pula, orang akan lebih siap menghadapi kenyataan hidup yang berungkapkan no pain no gain. Tiada kesuksesan yang di dapat secara instan tanpa kerja keras.
http://www.emocutez.com

No comments: