Friday, August 19, 2011

Mengasah Kemandirian

Kos merupakan salah satu tempat yang dapat dijadikan sarana mengasah kemandirian. Tidak lagi bergantung sepenuhnya kepada orang tua, paling hanya biaya hidup saja yang masih meminta pada mereka. Sementara untuk menyiapkan keperluan dan melakukan pekerjaan-pekerjaan pribadi, harus dilakukan sendiri. Karena boleh dibilang menjadi anak kos sama halnya melatih diri menjadi anak yang bisa hidup jauh dari orang tua.
Mendekati bulan puasa seperti ini pun sebagai anak kos harus bisa mandiri mempersiapkan kebutuhannya. Suatu hal yang mungkin akan sangat berat untuk anak kos baru. Sebab, biasanya kalau dirumah bisa menikmati hidangan sahur dan buka puasa bersama-sama sanak saudara. Tapi sekarang malah harus menyiapkan sahur dan buka bersama sendiri tanpa kehadiran keluarga.
Oleh karena itu, bulan puasa ini mesti dijadikan latihan kemandirian untuk anak-anak yang kos. Dan agar puasa di kos serasa dirumah, maka anak kos juga harus bisa membaca info yang ada. Soalnya, biasanya kalau bulan puasa seperti ini banyak agenda buka puasa bersama yang pastinya bisa membuat happy. Sehingga rasa kangen terhadap keluarga pun akan sedikit terobati. Jangan lupa pula untuk menjaga hubungan yang baik kepada teman se-kos, sebab mereka adalah saudara yang bisa dijadikan pengobat kangen kepada keluarga.

No comments: