Friday, August 19, 2011

Butuh Ketegasan Polisi



Panji Gumilang yang merupakan pemimpin Ponpes Al-Zaytun ini dipanggil untuk diperiksa karena telah dilaporkan mantan Menteri Peningkatan Produksi Pangan Kelompok Negara Islam Indonesia (NII), Imam Supriyanto. Dia melaporkan tindak pidana yang dituduhkan kepada Panji Gumilang ke Bareskrim Mabes Polri. Dengan laporan telah memalsukan surat keputusan pemecatan Imam Supriyanto dari pengurus Yayasan Pesantren Indonesia, yayasan yang menaungi Ponpes Al-Zaytun.
Melihat kasus tersebut, sebetulnya patut dipertanyakan pula kasus keterlibatan Panji Gumilang dengan NII. Kasus yang akhir-akhir ini booming menjadi topik pembicaraan. Persoalan yang sesungguhnya lebih penting untuk diusut, karena hal ini menyangkut keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bila masalah itu terus dibiarkan tumbuh dan berkembang. Mengenai nomokrasi yang bisa memecah belah bangsa.
Tapi, mengapa seakan-akan kasus itu tak teraba ranah penyelidikan? Sosok Panji Gumilang pun sangat sulit tersentuh. Buktinya sampai sekarang pengusutan kasus keterlibatannya dalam NII belum ada ujung kepastiannya. Malah yang ada adalah perdebatan antara pihak yang pro dan kontra saja tanpa menuai hasil.
Lebih lanjut, seharusnya aparat kepolisian harus bisa lebih tegas menuntaskan kasus yang ada. Penyeledikan yang intens dan mendalam menyangkut kasus ini pun harus dilakukan. Karena hal ini juga menentukan integritas kepolisian sebagai pilar pengaman negara. Agar keutuhan NKRI tetap terjaga.


Apakah ada dalang dalam hal ini? NII sekarang berbeda dengan NII besutan Kartosoewirjo yang banyak mengorbankan kemanusiaan,sedangkan wajah NII sekarang adalah menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan yang sebetulnya juga masih dipertanyakan, apakah untuk membangun negara atau hanya untuk menimbun harta?

No comments: