Wednesday, February 19, 2014

Dino Patti Djalal untuk Indonesia Unggul


Oleh: Hendra Saputra



            Dino Patti Djalal merupakan salah satu politikus andal dan mumpuni yang pernah ada di Indonesia. Dengan berbagai gagasan dan keahliannya dalam berdiplomasi pada tahun politik ini  beliau mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat. Karena beliau juga bercita-cita untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui pengabdian dan pemikirannya.
            Dino Patti Djalal yang lahir di Beogard, Yugoslavia tanggal 10 September 1965 ini adalah Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, yang dilantik pada 10 Agustus 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara untuk karier beliau sendiri dimulai dari tahun 1987 ketika beliau masuk Departemen Luar Negeri. Berbagai penugasan penting pernah diembannya, antara lain sebagai Jubir Satgas P3TT (Pelaksana Penentuan Pendapat di Timor Timur), Kepala Departemen Politik KBRI Washington dan Direktur Amerika Utara dan Tengah Departemen Luar Negeri. Beliau sempat menjabat sebagai Direktur Urusan Amerika Utara dan Amerika Tengah di Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, sebelum akhirnya bersama Andi Mallarangeng kemudian ditunjuk sebagai juru bicara Presiden ketika Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden Indonesia.
Dino Patti Djalal mengikuti konvensi Partai Demokrat calon Presiden pada tahun 2014 ini karena beliau merasa yakin bahwa konsep yang diusung dari pemikirannya akan diterima. Dimana dalam pemikiran itu akan berusaha menjadikan negara Indonesia unggul dari semua bidang yang saat ini masih dalam taraf bagus. Untuk itu sudah saatnya negara ini memiliki tokoh muda yang ingin memajukan masyarakat sekaligus mempunyai idealisme dan pemikiran yang segar.
Indonesia Unggul
Gagasan yang beliau sampaikan dalam kontestasi politik itu sendiri adalah "Indonesia Unggul". Suatu gagasan yang mencoba myakinkan dan membangkitkan lagi kesadaran masyarakat bangsa ini bahwa Indonesia merupakan negara yang unggul dengan berbagai potensi yang dimilikinya. Sehingga, Dino pun menyatakan bahwasanya Indonesia unggul bukanlah sekadar slogan karena itu adalah sebuah keniscayaan yang sudah ada pada diri bangsa ini.
Maka dari itu, sebagai realisasi gagasan tersebut beliau pun akan terus menyampaikannya secara langsung di ruang-ruang diskusi terbuka. Tempat yang dianggapnya paling strategis untuk mengawali upayanya itu adalah lingkungan kampus, pondok pesantren, lalu kemudian ke level permukiman warga. 

Dengan adanya gagasan itulah beliau berharap dapat mengajak bangsa Indonesia untuk mengembangkan semangat Indonesia Unggul. Yaitu semangat untuk etos hidup, karakter, sekaligus resep sukses yang dipercaya dapat mendorong Indonesia mewujudkan impiannya menjadi raksasa Asia.

No comments: